Bakesbangpol dan FPK Riau Terima Kunjungan Bakesbangpol Kerinci Jambi
Cari Berita

Advertisement

Bakesbangpol dan FPK Riau Terima Kunjungan Bakesbangpol Kerinci Jambi

Rabu, 16 Oktober 2024

Bakesbangpol dan FPK Riau Terima Kunjungan Bakesbangpol Kerinci Jambi.


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Badan Kesatuan Bangsa dan Poltik (Bakesbangpol) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riau menerima kunjungan Bakesbangpol Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi di Ruang Rapat Lantai 1 Kantor Bakesbang Riau, Jalan Thamrin No.93 Pekanbaru, Rabu (16/10/2024). 


Kehadiran Bakesbangpol Jambi di Kota Pekanbaru dalam rangka study komparatif atas kesuksesan FPK Riau menggelar sejumlah event Nasional akhir Agustus lalu.


Rombongan Bakesbangpol Kabupaten Jambi hadir di Bakesbangpol Riau sekitar pukul 10.00 WIB, dipimpin langsung Kaban Kesbangpol Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi,Redi Asri, SH,MH. Di dampingi Kabid Bina Idiologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan, H. Muslim, S.KM serta beberapa orang Staf Bakesbangpol Kabupaten Kerinci lainnya.


Sementara dari Provinsi Riau, dihadiri langsung Kaban Kesbangpol, Jenri Salmon Ginting, AP, M,Si, Kabid Bina idiologi, karakter dan Wawasan Kebangsaan, Surya Dinata, S.Sos serta sejumlah staf. Sementara dari FPK Provinsi Riau tampak hadir, Ketua FPK, Drs.H.Auni M Noor, M.Si, Sekretaris, Drs.Jailani, Wakil Sekretaris Saparudin Koto, SP dan Drs.Eva Firman, MH.M.Kom, Koordinator Bidang Hubungan antar Paguyuban, Max Rober Rumengan, Koordinator Bidang Pendidikan dan Karakter bangsa FPK Riau, H.Rendra Sudarso, S.Sos,S.KM, M.Kes serta Staf Sekretariat FPK Riau.


Kaban Kesbangpol Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si menyambut baik kedatangan rombongan Bakesbangpol Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Jenri menyampaikan terima kasih atas dipilihnya Provinsi Riau sebagai tempat study komparatif bagi Bakesbangpol Provinsi tetangga itu.


"Secara struktur dan tupoksi Bakesbangpol saat ini berbeda dengan masa lalu. Sejak keluarnya Permendagri No 84 Tahun 2022, banyak perubahan struktur Kesbangpol. Salah satunya Kesbangpol sebagai perwakilan BPIP di daerah. Sehingga menjadi OPD yang bertangungjawab terhadap Paskibraka," katanya


"Pada UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Kesbangpol merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diberikan wewenang mengurus pemerintah umum, seperti Agama, Hibah Pilkada,  Forkompinda, Instansi Vertikal dan lain sebagainya, Tugas-tugas Bakesbangpol makin luas terutama terkait Pemerintahan Umum," katanya.


Jenri juga menyampaikan bahwa saat ini Bakesbangpol Riau membina tiga organisasi Kemasyarakatan,Yakni FPK yang anggotanya terdiri dari paguyuban-paguyuban, FKUB, organisasi Keagamaan dan FKDM. Pemprov Riau memberikan dukungan dana hibah kepada ketiga organisasi ini.


Senada dengan itu, Kabid Bina Idiologi, Karakter dan Wasbang Bakesbangpol Provinsi Riau, Surya Dinata, S.Sos mengatakan selama ini sangat terbantu dengan keberadaan FPK Riau, terutama dalam mengelola organisasi Paguyuban dan etnis di Bumi Lancang Kuning ini. 


"Intinya silahturahmi antar etnis dan Paguyuban dalam rangka terus merawat pembauran kebangsaan," imbuhnya.


Ketua FPK Riau, Drs.H. Auni M Noor, M.Si mengungkapkan bahwa merawat pembauran kebangsaan di tengah kebhinekaan adalah tugas berat dan mulia . Menurutnya pembauran kebangsaan harus terus dirawat untuk menjaga agar bangsa ini selalu aman dan damai.


"Kita tak mau seperti Yugoslavia, yang pecah gara-gara konflik etnik. Atau beberapa negara lainnya yang terpecah-pecah dan perang saudara, hanya karena konflik antar suku dan etnis. Kita harus terus meningkatkan silahturahmi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," katanya .


Sementara, Sekretaris FPK Riau, Drs. Jailani menambahkan bahwa berbagai kegiatan yang dilaksanakan FPK Riau selama ini termasuk tiga kegiatan khir Agustus 2024 lalu berkat Kerjasama antar paguyuban yang tergabung dalam FPK Riau dan dukungan Pemprov Riau dalam hal ini Bakesbangpol Provinsi Riau.


"Pada 30 Agustus 2024 hingga 01 September 2024 lalu, kita menyelenggarakan empat kegiatan. Yakni Rakor FPK Riau, Parade Bhineka Tunggal Ika dan Pesona Bhineka Tunggal Ika yang dirangkai dengan Panganugerahan Penghargaan kepada Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota oleh Kemendagri RI atas dukungan alam Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 20204. Alhamdulilah cara itu dihadiri sejumlah kepala daerah dan utusan pemerintah provinsi dan kabupeten/kota se-Indonesia," ujarnya..


Kaban Kesbangpol Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi, Redi Asri, SH, MH mengungkapkan memilih Provinsi Riau, sebagai lokasi study komparatif, karena keberhasilan Kesbangpol Riau dan FPK Riau menggelar sejumlah event nasional di Riau. 


Dia mengatakan saat itu dari Bakesbang Kabupaten Kerinci dihadiri oleh Kabid Bina Idiologi, Karakter dan Wasbang, H.Muslim, S.KM yang melaporkan acara yang digelar berjalan meriah, meah dan sangat sukses.


"Kami ingin belajar tentang memenejemen pelaksanaan event-event tersebut termasuk pengelolaan FPK, FKUB dan FKDM oleh Bakesbangpol Provinsi Riau," imbuhnya. (*/pr2)