Rektor UIR Jadi Pemateri dalam Raker Membangun Sinergitas PTS LLDIKTI XVII
Cari Berita

Advertisement

Rektor UIR Jadi Pemateri dalam Raker Membangun Sinergitas PTS LLDIKTI XVII

Selasa, 03 September 2024

Rektor UIR Jadi Pemateri dalam Raker Membangun Sinergitas PTS LLDIKTI XVII.


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Rektor Universitas Islam Riau (UIR), Prof. Dr. H. Syafrinaldi, S.H., M.C.L didaulat menjadi salah satu pemateri dalam Rapat Kerja (Raker) yang diselenggarakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah XVII, Selasa (3/9/2024) di Hotel Pangeran, Pekanbaru. 


Raker yang bertajuk “Membangun Sinergitas Perguruan Tinggi Swasta Di LLDIKTI Wilayah XVII” tersebut diisi dengan seminar serta diskusi mengenai berbagai materi yang dibawakan oleh para akademisi, peneliti dan pemerhati pendidikan, baik dari LLDIKTI wilayah XVII hingga Kementerian Pendidikan RI. 



“Suksesnya suatu LLDIKTI tidak hanya peran dari seorang kepala lembaga semata tetapi partisipasi dari perguruan tinggi dan pimpinan PT yang berada dibawahnya juga turut berkontribusi, salah satu bentuk kontribusi tersebut harus adanya kolaborasi dan kerja bersama,” ungkap Prof Syafrinaldi. 


Dalam sesi tanya jawab yang disampaikan oleh Ketua STIE Bangkinang Dr. H. Zulher, MS., terkait pendistribusian bantuan pendidikan atau beasiswa dari pemerintah yang dirasa hanya besar kuota nya pada PTS di kota Pekanbaru saja, Prof Syafrinaldi yang juga merupakan Ketua APTISI wilayah X-B Riau menanggapi dengan bijak. 



“Dalam pertemuan terbatas kala itu bersama pemprov, mereka juga memiliki kriteria tersendiri mengenai pembagian porsi kuota beasiswa, seperti minimal akreditasi PT harus Baik Sekali, Prodi juga memiliki akreditasi yang ditentukan tetapi apabila seluruh syarat telah diikuti tetetapi pengabulan kuota tetap tidak sesuai maka kita berhak mengadakan audiensi dengan pemprov,” ungkapnya. 


Lebih lanjut, selain seminar yang bertemakan “Transformasi Manajemen SDM Dalam Mewujudkan Perguruan Tinggi yang Unggul dan Inovatif” yang diisi oleh Prof Syafrinaldi pada hari yang sama juga digelar penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Rektor UIR dengan Rektor Universitas Nagoya Indonesia (UNI) Batam, Dr. Susi Marni, S.E., M.M.


Dengan adanya penandatanganan MoU, diharapkan terjalin kolaborasi dan melahirkan implementasi kerjasama antara UIR dan UNI Batam, khususnya dalam pengembangan akademik dan peningkatan kualitas pendidikan. 


Partisipadi Rektor UIR dalam Rapat kerja mencerminkan komitmen UIR terus berkontribusi untuk membangun sinergi di antara Perguruan Tinggi Swasta di wilayah LLDIKTI XVII, guna mewujudkan pendidikan tinggi yang unggul dan berdaya saing. (*/pr2)